Kamis, 15 Januari 2009

Orang Sugapa Harus Diberdayakan

Intanjaya-online.blogspot.com, Pemekaran Kabupaten Intan Jaya nampaknya akan jadi kenyataan ketika Mendagri mengeluarkan Surat Keputusan pemekaran daerah baru bersamaan dengan dua Kabupaten lainnya, yakni Kabupaten Dogiya dan Kabupaten Temberau, beberapa saat lalu di Senayan Jakarta.

Menanggapai hal ini, beberapa pelajar dan Mahasiswa Moni dari Sugapa menyatakan dengan jelas, bahwa dengan mekarnya Kabupaten Intan Jaya orang Moni harus diberikan kesempatan untuk memimpin, karena selama ini orang Moni hanya jadi penonton di Kabupaten Induknya.

Lebih lanjut, salah satu mahasiswa yang tidak mau namanya diliput, menyatakan, “Selama ini orang Moni hanya jadi penonton, dimana tidak pernah diberikan jabatan maupun kedudukan untuk memimpin orang lain, mereka hanya melihat beberapa saudara mereka yang memimpin padahal mereka juga memilik kemampuan yang setara dengan yang lainnya.”

“Lihat saja, di Kabupaten Paniai mana ada orang Moni yang memangku jabatan penting, kalaupun ada, tidak lebih dari tiga pejabat,“ terangnya. "Inikan namanya diskriminasi, dimana orang Moni selalu dijadikan nomor dua daripada saudara-saudara yang lainnya. Padahal dari segi kualitas dan kemampuan orang Moni tidak jauh beda,” terangnya.

Karena itu, dengan mekarnya Kabupaten Intan Jaya, mari kita sama-sama membangun Sugapa, dan memberikan jabatan dan kedudukan struktural kepada orang Moni agar mereka memiliki kesadaran dan komitmen yang valid untuk membangun daerah mereka dari berbagai ketertinggalan yang kadang kala jadi senjata ampuh untuk mendiskriminasikan mereka,“ tegasnya.

Secara terpisah, salah satu pelajar Moni yang dihubungi, memberikan tanggapan yang sama. Dia setuju kalau Kabupaten Intan Jaya harus dipimpin oleh orang putra daerah dari sana (orang Moni, red) dimana agar mereka juga menjadi tuan di atas tanahnya sendiri, sesuai dengan amanat UU No 21 Tahun 2002 tentang Otonomi Khusus.

“Saya sangat optimis, ketika orang Moni sendiri yang diberikan kewenangan untuk memimpin Kabupaten baru ini, maka semua kebutuhan dan keluhan yang selalu dipanjatkan oleh orang Moni akan segera terjawab. Karena apa? Orang Moni memahami dan mengerti betul persoalan yang sedang terjadi di lingkungannya. Dan sebagai pelajar, tidak jamin Sugapa akan terbangun, kalau saja jabatan penting seperti caretaker dan jabatan lainnya diberikan kepada orang dari luar Sugapa,” jelasnya.


0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com