Kamis, 15 Januari 2009

Pembentukan Kabupaten Intan Jaya Tunggu Paripurna DPR


Sumber : www.kapanlagi.com


Kapanlagi.com - Proses pembentukan calon Kabupaten Intan Jaya yang akan lepas dari kabupaten induk Paniai, Provinsi Papua kini sudah sampai di Departemen Dalam Negeri (Depdagri) dan Komisi II DPR-RI sehingga tinggal menunggu pengesahannya pada sidang paripurna DPR RI nanti.

Sekretaris Tim Pembentukan calon Kabupaten Intan Jaya, Natalis Tabuni, M.Si kepada wartawan di Jayapura, Selasa mengatakan berbagai persyaratan sudah terpenuhi termasuk Surat Keputusan DPRD Kabupaten Paniai No. 12 Tahun 2004 tentang Persetujuan atas usulan rencana pembentukan Kabupaten Intan Jaya lepas dari Kabupaten Paniai.

Ia mengakui kalau tim pembentukan kabupaten baru itu yang terdiri atas para tokoh masyarakat, eksekutif, legislatif dan pemuda di daerah ini telah bekerja keras dan kini tinggal persetujuan DPR RI.

Usulan pembentukan kabupaten ini tidak berdasarkan kepentingan politik oknum atau kelompok tertentu guna mencapai tujuan politik jangka pendek tetapi semata-mata untuk membuka keterisolasian daerah, memperpendek rentang kendali pelayan pemerintah serta membuka lapangan kerja terutama bagi daerah-daerah yang masih tertinggal jauh.

Semetara itu, Ketua Tim pembentukan Kabupaten Intan Jaya, Jhon Yulius Sani, SE, mengatakan bila dilihat dari Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki calon kabupaten Intan jaya maka wilayah ini terkenal sangat kaya akan kandungan emas.

Kini tinggal saja keberanian investor untuk menanamkan modalnya di daerah ini demi peningkatan kesejahteraan rakyat setempat. Jumlah penduduk di calon kabupaten Intan Jaya tercatat 75. 000 jiwa yang tersebar di delapan distrik yakni Distrik Sugapa, Meyo Humeo, Agisiga, Wandar, Hitadipa, Ugimba, Tomosiga, dan Distrik Bialoga.

Batas wilayah calon kabupaten baru ini adalah, sebelah Timur dengan Kabupaten Punjak Jaya, sebelah Selatan dengan Kabupaten Mimika, Utara dengan Kabupaten Merauke sedangkan Barat berbatasan dengan Enarotali.

Luas daerah pemekaran 15.000 Km2. Transportasi antardistrik yang digunakan hanyalah pesawat terbang karena kondisi alam yang bergunung-gunung dan lembah yang curam.
Proses pembentukan Kabupaten Intan Jaya ini dilaksanakan setelah Tim khusus dari Universitas Negeri Papua (Unipa) Manokwari melakukan kajian yang mendalam dan berkesimpulan bahwa wilayah ini mampu berdiri sebagai sebuah kabupaten definitif demi peningkatan kesejahteraan rakyat di daerah ini. (*/lpk)


0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com